cara mendaftarkan blog baru ke ODP DMOZ

Siapa tidak kenal dengan search engine ODP Dmoz (web directory) merupakan serch engine terbesar untuk saat ini jika anda belum mengenal  terutama blogger pemula saya sarankan supaya anda segera mencari tahu tenteng ODP DMOZ.


ODP DMOZ merupakan directori konten terbuka multi bahasa dari World Wide Web Link.Sahamnya di miliki oleh Netscape sebenarnya ODP DMOZ di bangun oleh komunitas editor sukarelawan dan hampir 37.000 sukarelawan yang menjalankan tugasnya sebagai editor.

ODP DMOZ menggunakan skema hierarkis ontologi untuk mengatur daftar situs-situs.Setiap situs dikelompokan sesuai kategori blog anda.Untuk mendaftar di search engine Dmoz memang tidak mudah karna setiap web/blog di sleksi yang sangat ketat tapi tidak tertutup kemungkinan blog kita bisa di terima di DMOZ jadi yang harus kita lakukan adalah terus berusaha.

DMOZ didirikan di Amerika Serikat dengan nama Gnuhoo oleh Rich Skrenta dan Bob Truel pada tahun 1998 saat mereka masih bekerja sebagai insiyur untuk Sun Microsystems .

Dmoz termasuk serach enggine yang penomenal karna semua serach engine terkenal mengacu pada DMOZ directori di antaranya Google,Yahoo,AOL,Alexa,Teoma,Hotbot,Lycos dan masih ada yang lainnya.Jika blog anda yang sudah terdaftar di DMOZ terindeks oleh banyak search engine yang tergabung dalam DOMZ anda bisa bayangkan tentunya blog anda akan di serbu oleh banyak pengunjung.

Supaya blog anda terdaftar di search engine DMOZ tentunya anda harus mematuhi peraturan yang tetapkan oleh DMOZ


Berikut beberapa peaturan yang di ambil dari web aslinya

  • Sila memohon sekali saja,tambahan URL ke Open Direktori jika laman tidak di senaraikan dalam masa tiga minggu ,anda boleh memohonnya kembal.
  • Menyamar pemohonan untuk menambah URL yang sama lebih dari sekali ,juga tidak di benarkan  contoh: http://Dmoz.org dan http://Dmoz.org/index.html
  • Jangan memohon laman cermin mempunyai kandongan yang sama tapi mempunyai URL yang berlainan 
  • Sila memohon bantuan tambahan URL ke kategori yang paling berkenan .Laman yang ditambah kekategori yang tidak berkenan akan di hapuskan 
  • Sila tunggu sehinga laman anda siap sebelum memohon tambahan URL anda .Laman yang belum siap ,mempunyai notis "Under Constuction" mempunyai grapikyang patah dan link patah bukannya calon baik untuk direktori ini.
  • Laman dengan kandungan haram tidak dibenarkandi dalam Open Directory.Contoh kandungan haram termasuk,tetapi tidak terhad kepada,pornorgrafi ,kanak-kanak dan laman menyalahi hak cipta.
Biasanya ketika anda mendaftarkan blog ke Dmoz Blog anda tidak langsung di index, bahkan ada yang sampe 2 mingu baru di index  ada juga yang tidak di index sama sekali.Tapi jangan khawatir bagi anda yang blognya belum di index DMOZ. ODP DMOZ memberi kesmpatan untuk anda mendaftarkan ulang blog anda tentu saja anda harus menunggu selama 3 minggu setelah pendaftaran petama.Jika dalam waktu 3 minggu blog anda belum di index juga anda boleh mendaftar ulang Dan anda di perbolehkan memilih kategori yang lain sesuai tema blog anda.


Kenapa Blog kita tidak langsung di index ?

Kenapa Blog kita tidak langsung di index?Perlu diketahui editor DMOZ menggunakan jasa manusia bukan mesin seperti di google oleh karna itu perlu proses yang lumayan lama .Sebaiknya anda terus berusaha  jangan patah semangat untuk kebaikan Blog anda.

Ada bebrapa hal yang harus anda perhatikan sebelum mendaftarkan blog anda ke ODP DMOZ
 seuai peraturan dari Dmoz langsung.

  • Pilih titel sesui dengan blog anda jangn sampe memilih titel yang tidak sesui dengan blog yang anda daftarkan
  • Jangan menggunakan hurup ALL CAPITAL sebaiknya anda melakukan pendaftaran dengan menggunakan hurup yang normal saja
  • Jangan terlalu banyak memamsang Link iklan dan Link affiliasi
  • Fokus hanya pada satu bahasa jangan campuran
  • Bila Blog anda mengunakan selain bahasa inggris,maka daftarkan lah Blog anda dalam kategori WORLD
  • Jangan mendaftarkan Blog yang masih baru yang kontennya masih sedikit,karna sudah pasti tidak di terima
  • Cukup daftarkan Blog anda sekali saja jangan berulang-ulang

Apa ada jaminan kalo Blog di daftarkan ke search engine DMOZ bisa mendatangkan banyak pengunjung?

Sebenarnya kalo ada yang bertanya apakah kalo blog kita ter index di DMOZ akan mendatangkan banyak pengujung, sebenarnya tidak ada yang menjamin kalo blog kita terindex di DMOZ pengujung blog kita semakin ramai.Tapi yang pasti blog yang terdaftar di DMOZ memiliki peringkat yang tinggi di bandingkan yang tidak terdaftar.

Cara mendaftarkan Blog /web ke ODP DMOZ

Masuk ke alamat Webnya http://Dmoz.org
silahkan klik bagian tab link suggest url,klik link world,kemudian cari link bahasa indonesia


Kemudian anda akan di bawa ke kolom kategori pilih kategori yang sesui blog anda

Setelah memilih kategori selanjutnya anda memilih sub kategori yang sesui dengan tema Blog anda

Kemudian Klik suggest URL pada menu bagian atas

Kemudian anda masuk pada deskrifsi Blog,masukan data data Blog anda,deskripsi blog harus sesuai dengan tema blog anda.

kemudian kli submit
Jika data yang anda isi benar maka akan muncul tulisan Submission Received.selesai

Keuntungan mendaftrakan blog d ODP DMOZ
  •  DMOZ memilki ribuan trefik tiap hari itu artinya blog yang kita daftarkan akan kecipratan pengunjung juga.
  • DMOZ memiliki page rank yang tinggi jika blog kita terdaftar di Dmoz,maka kemungkinan pagerank kita akan semakin meningkat.
Sebenarnya masih banyak cara-cara supaya blog kita cepat di kenal orang dengan mendatangkan pengunjung secara alami.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan like fanspage kami & share artikel kami.terimakasih semoga bermanfaat

2 komentar:

  1. http://pusat-penyewaan-partisi-pameran.blogspot.co.id/

    Anda butuh perlengkapan dan peralatan pameran dengan harga terjangkau dan desain sesuai keinginan anda? kami solusinya GN.EXIBITION yang bergerak dibidang jasa penjualan dan penyewaan partisi pameran dengan harga terjangkau.Dikerjakan oleh para ahli yang sudah bertahun-tahun berpengalaman dibidangnya sehingga proses pengerjaan cepat namun tetap memprioritaska kepuasan pelanggan. Untuk informasi dan pemesanan hubungi kami di Office : Jl.Boulevard raya Ruko Star Of Asia No.99 Lippo Karawaci Tangerang
    No.Hp ; 085319185446 / 089686721068 / wa

    BalasHapus
  2. Akhirnya ada yang sharing juga.
    Trims infonya ya...
    Oh ya sekedar info aja nih, bagi yang membutuhkan Sewa Misty Fan untuk keperluan berbagai acara seperti pameran, workshop, meeting atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik.

    Makasih min,
    Salam blogger ya.

    BalasHapus